http://apotektradisional.com/

Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Posted by Tanaman Obat

Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan .- Anda tentunya tahu dengan tumbuhan kemangi, yakni tumbuhan kecil yang biasanya tumbuh subur mana kala musim penghujan tiba.Tumbuhan ini memiliki bentuk yang kecil hampir sama dengan rumput akan tetapi memiliki bulu-bulu kecil yang aman untuk disentuh.Tumbuhan ini berbungan yang mana didalam bunya terdapat biji yang yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

 Nah selain memiliki manfaat diatas perlu anda ketahui daun kemangi juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan.Apa saja Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan tersebut kali ini tanamaobatku.blogspot.com akan memberikan infoirmasinya bagi anda silahkan disimak.

Dan berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan tersebut : 

1.  Pemulihan Kesehatan

Tanaman kemangi memiliki manfaat kesehatan, bagian tanaman yang sering digunakan adalah daunnya. Daun kemangi memiliki manfaat untuk mempertajam memori selain itu daun kemangi juga sangat baik untuk kesehatan perut anda.

2.  Demam & Meriang

Daun kemangi bermanfaat untuk meredakan demam. Daun kemangi juga dapat membantu mencegah demam berdarah dan malaria. Pada kasus demam yang tinggi, anda bisa menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapulaga direbus bersama setengah liter air, anda bisa mencampurkan dengan gula atau susu.

3.  Batuk

Daun kemangi juga berperan dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Manfaat daun kemangi untuk membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Selain itu daun kemangi dapat dikunyah untuk mengurangi flu .

4.  Sakit Tenggorokan

Untuk mengobati sakit tenggorokan anda dapat merebus daun kemangi atau menjadikannya obat kumur yang digunakan dua kali sehari.

5.  Gangguan Pernapasan

Anda dapat merebus daun kemangi dengan campuran madu dan jahe yang bermanfaat untuk influenza, asma dan bronkitis. Bila anda tidak menyukai rasa jahe anda dapat membuat resep dengan menggunakan daun kemangi dicampur dengan cengkeh dan sedikit garam yang sangat berkhasiat terutama untuk influenza.

6.  Batu Ginjal

Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.

7.  Penyakit Jantung

Daun Kemangi mempunyai manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus daun kemangi dapat meringankan  penyakit jantung dan  mengurangi tingkat kolesterol darah.

8.  Stres
Daun Kemangi memiliki 'adaptogen' atau agen anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi  mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan anda yang ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi dapat mengkonsumsi 12 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.

9.  Infeksi Mulut

Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

10.  Gangguan kulit

Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini  juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.

11.  Meringankan Sakit Kepala

Daun kemangi dapat meringank sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat meringankan gangguan ini, anda dapat menumbuk dengan daun cendana dan dapa dikompreskan di bagian dahi atau area kepala yang sakit.

12.  Gangguan Mata

Daun kemangi dapat dijadikan obat yang efektif untuk sakit mata meskipun umumnya gangguan mata disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

sumber : http://bidanku.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan

Demikianlah sekilas tentang khasiat dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan tersebut semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.Terima kasih banyak atas kunjungannya dan sukses selalu.


Related Post



Posting Komentar